About Me

header ads

Raih 41 Emas, Kalsel Bertengger di Posisi Empat Nasional

PENINGKATKAN prestasi luar biasa diwujudkan kontingen Kalimantan Selatan di Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI. Pada multi event atlet difabel yang dilangsungkan di Papua, 5 hingga 13 November 2021 itu, kontingen Kalsel sukses menempati peringkat empat.

Prestasi gemilang ini berhasil ditorehkan kontingen paralimpian Banua setelah mampu mendulang 41 medali emas, 43 medali perak serta 49 medali perunggu.

Atas prestasi ini, Ketua NPC Kalsel, H Ahmad Firdaus mengucapkan terima kasih kepada Pemprov Kalsel dan seluruh pihak atas perhatian nyata kepada atlet dan ofisial kontingen Kalsel hingga mampu meraih prestasi terbaik.

Sejarah emas ini pun mengundang kagum sekaligus bangga Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor. Saat dikonfirmasi awak media, Ia mengaku bersyukur atas keberhasilan kontingen Peparnas Kalsel mengharumkan nama baik daerah.

"Saya ucapkan selamat dan sukses kepada seluruh para atlet, dan pelatih atas perjuangan hebat, meski di tengah keterbatasan bisa meraih prestasi gemilang. Kami semua bangga dan salut," tuturnya, Minggu (14/11/2021) .

Peparnas di Bumi Cendrawasih ini sendiri resmi ditutup Presiden Jokowi pada 13 November 2021.

Sementara itu, pada pesta olahraga terbesar ini, kontingen tuan rumah Papua sukses menjadi juara umum setelah meraih total 295 medali, tepatnya 127 emas, 87 perak, dan 93 perunggu.

Di posisi runner-up bertengger kontingen Jawa Barat dengan perolehan 110 emas, 92 perak, dan 75 perunggu. Kemudian di tempat ketiga bercokol kontingen Jawa Tengah pasca meraih 89 emas, 60 perak, dan 76 perunggu.

Sebelumnya di Peparnas XV Bandung Jawa Barat 2016 silam, kontingen Kalsel hanya menempati peringkat keenam. Dengan kata lain ini, di Peparnas Papua ini prestasi Kalsel meningkat 2 anak tangga ke peringkat empat nasional.[aan]